Cara Menghitung Huruf di M.Office Word

Cara Menghitung Huruf pada Microsoft Office Word- Untuk mengetahui jumlah huruf, kata, halaman, paragraph, dan baris di Microsoft Office Word sebenarnya cukup mudah. Ini sangat penting bagi para penulis. Misalnya bagi Mahasiswa dalam mengerjakan karya ilmiah dan sebagainya. Biasanya ada ketentuan atau aturan tentang jumlah character maksimal dalam suatu tulisan. Tidak hanya bagi pelajar, semua penulis pasti membutuhkan tentang cara menghitung huruf dan kata pada artikelnya.

Khusus untuk para blogger tentunya cara yang akan sampaikan ini sangat penting karena banyak hal tentang aturan ngeblog yang terkait dengan batasan jumlah huruf termasuk spasi yang terhitung.

Saya ambil contoh dalam menentukan deskripsi judul blog, di sana ada ada ketentuan deskripsinya maksimal terdiri dari 500 karakter. Dengan demikian seorang blogger harus menyusun kalimat yang sesuai dengan judul blognya dan  jumlah hurufnya kurang dari atau sama dengan 500 karakter termasuk spasinya. Kurang lebihnya penampakannya seperti gambar di bawah ini :

Cara Menghitung Huruf pada Microsoft Office Word Cara Menghitung Huruf di M.Office Word

Contoh lain masih seputar kebutuhan blogger yaitu dalam menuliskan tag meta deskripsi juga ada batasan yaitu maksimal 150 huruf termasuk spasinya. Deskripsi pada tag meta sangat penting, dikarenakan penentuan tag meta yang tepat sebagai salah satu sebab blog yang kita miliki cepat terindeks oleh mesin pencarinya mbah Google. Di bawah ini tampilan contoh tag meta blog CBS :


Contoh lagi, ini juga kata para master. Sebaiknya dalam menentukan judul postingan blog juga ada batasan maksimal jumlah hurufnya agar html kita tidak terpotong, walaupun ada Cara Membuat URL Judul Blog Menjadi Panjang. Konon kabarnya batasannya mungkin beda-beda antara blog satu dengan lainnya, tergantung template yang dipakai dan sebagainya. Mohon maaf saya belum begitu paham tentang hal ini. Bagi yang mau mengetahui hal tersebut silahkan cari di tempatnya mbah Google. Selain jumlah huruf pada judul postingan, jumlah huruf pada paragraf pertama juga katanya ada batasan yang ideal.

Sahabat pembaca yang baik hati, setelah saya jalan melayang ke masalah blogger, sampai sedikit lupa tentang tema yang akan saya sampaikan.he he. Baru ingat nih, mari kita simak cara hitung huruf dengan mudah sebagai berikut :

1. Blok tulisan yang mau dihitung jumlah hurufnya (jika seluruh kata dalam 1 halaman maupun sampai beberapa halaman mau dihitung sekaligus maka tidak perlu diblok) kemudian klik Review


2.Setelah muncul tampilan sperti gambar di bawah ini, selanjutnya klik Word Count


3.Setelah Word Count diklik maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Dimana memuat keterangan jumlah page, kata, karakter tanpa spasi, karakter dengan spasi, paragraf, dan jumlah barisnya. Selesai


Demikian ketikan saya tentang Cara Menghitung Huruf di Komputer. Semoga bermanfaat.


Sumber https://www.websitependidikan.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages