Cara Benar Membuat Judul Artikel Blog yang Baik untuk Menarik Perhatian Pengunjung

Cara Membuat Judul Artikel Blog yang Menarik_Sobat Blogger, judul artikel ini sengaja tidak saya kasih judul"Cara Membuat Judul yang Unik dan Menarik", karena saya yakin kalau teman-teman pasti sudah paham tentang arah tulisan saya. he he. Sobat Blogger, untuk menghadapi persaingan dalam dunia blogging memang kita selalu butuh ilmu yang lebih dalam lagi, agar blog kita semakin hari selalu bertambah pengunjungnya. Yang pasti, untuk merawat blog kesayangan kita, tentu kerja keras dalam membangun blog mutlak diperlukan. Salah satu cara agar blog kita tetap menjadi blog kesayangan kita dan para pengunjung, maka kita harus mengisi blog dengan artikel-artikel yang bermanfaat.
Cara Membuat Judul Artikel Blog yang Menarik Cara Benar Membuat Judul Artikel Blog yang Baik untuk Menarik Perhatian Pengunjung

Lalu bagaimana agar artikel yang bermanfaat tersebut bisa nyata-nyata berguna bagi pengunjung?, ya ya tentunya kita harus berusaha agar artikel kita terbaca oleh para pengunjung. Ahaa, kan sangat disayangkan jika kita sudah menyajikan artikel unik namun kurang bermanfaat dikarenakan orang lain yang membaca artikel kita jumlahnya hanya sedikit.

A. Kategori Pengunjung Blog

Sobat Blogger, sebelum ke inti masalah, yuk kita mengingat kembali tentang darimana asal pengunjung yang membaca blog kita, sebagai berikut kategorinya:

1. Pengunjung yang datang lewat mesin pencari ( mengeklik link url tertentu)
Pengunjung yang paling diharapkan oleh para Blogger yakni pengunjung yang menemukan artikel blog kita via mesin pencari Google, Yahoo, Bing, dan mesin pencarian lainnya.

2. Pengunjung yang datang lewat media sosial (mengeklik link url tertentu)
Pengunjung yang membaca artikel kita karena pengunjung tersebut menemukan link menuju blog kita di sosmed seperti Google+, facebook, twitter, dan medsos lainnya. Di mana link-link artikel tersebut merupakan hasil share kita maupun hasil berbagi para pengunjung yang tertarik dan ikhlas untuk membagikannya di medsos.

3. Pengunjung setia (mengklik url utama, misal langsung memasukkan www.carangeblog.com)
Pengunjung jenis ini merupakan para pengunjung yang sudah berulang kali berkunjung ke blog kita, baik pengunjung dari kalangan Blogger maupun non Blogger.

4. Pengunjung yang datang dari arah manapun dan tertarik dengan artikel lainnya di blog kita.
Nah agar pada kategori yang merupakan gabungan dari 3 kategori sebelumnya ini bisa sukses, para Blogger harus bisa membuat judul yang menarik minat para pengunjung untuk mengeklik link dan akhirnya membaca artikel yang  kita suguhkan.

Mengapa Blogger wajib membuat judul yang se-menarik mungkin untuk memikat hati para calon pengunjung blog?

Ceritanya begini sob:

Ternyata, ketika orang mencari artikel di mesin pencari dan telah disuguhi 10 judul dan kutipan artikel di halaman awal, maka secara logika si calon pengunjung blog ini akan mengeklik judul/link url yang berada di urutan pertama/paling atas.

Nah itu logikanya, dan memang yang terjadi seringnya demikian. Namun bisa juga setelah membaca artikel yang berada di urutan pertama, mereka kurang puas sehingga mereka mencoba membaca artikel yang terletak pada posisi kedua di halaman hasil pencarian serta berlaku seterusnya sampai artikel yang menempati urutan ke-10 pada page awal, dimungkinkan juga sampai ke halaman ke-2 dan seterusnya.

Jadi, jika artikel Anda sudah bisa menempati halaman awal hasil pencarian Google, di sinilah para pengunjung akan mencari artikel yang kiranya paling cocok bagi mereka, sehingga peran judul yang menarik sangat diperlukan.
Sebagai contoh, ada judul "Cara Membuat Blog" dan Cara Mudah Membuat Blog", maka yang lebih berpotensi diklik yakni yang ada kata penguatnya dalam judul yakni "Mudah".
Ternyata juga, ketika para pengguna medsos melihat link artikel kita yang sedang melintas di facebook, twitter, dan sosmed lainnya, maka kemungkinan besar mereka akan mengeklik link tersebut jika mereka membutuhkan dan tertarik dengan judul artikel kita.

B. Cara Membuat Judul Blog Menggunakan Kata yang Menarik

1. Gunakan Kata Berawalan ter yang bermakna paling dan/atau pakai kata paling

Contoh: 
  • terbaru
  • terbaik
  • termudah
  • terkuat
  • tercepat
  • paling jitu
  • paling laris
  • paling nikmat
  • paling praktis
2. Gunakan Kata "Download"
Jika artikel Anda berisi penyuguhan link download file tertentu, maka kata "Download" sangat diperlukan di awal judul blog Anda.

Misal: judul "Download Kumpulan Lirik Lagu Anak-Anak" akan lebih menarik daripada pemberian judul yang tidak ada kata downloadnya. Sebelum pengunjung menegklik link menuju blog Anda, mereka sudah berpikir untuk mengunduh lirik lagu. Ya tentunya mereka lebih memilih mendownload file daripada copi paste lirik lagu.

3. Gunakan Kata yang Sifatnya Menjadi Penguat Kata Sebelumnya
Kata penguat yang bisa untuk menguatkan kata sebelumnya seperti: mudah, cepat, gratis, jitu, praktis, tepat, dan lain-lain.
Contoh penggunaan:
  • Cara Mudah Membuat Website
  • Cara Cepat Menghasilakan Uang lewat Internet
  • Download Gratis Template Blog Responsif
  • Jurus Jitu Memperbanyak Pengunjung Blog
  • Cara Praktis Membuat Blog dalam 3 Menit
Nah kata-kata tersebut sangat cocok untuk artikel yang berupa tutorial/panduan/trik tips. 

4. Tentukan Waktu
Untuk artikel yang bertema pendidikan, kesehatan, dll, kita bisa memanfaatkan penentuan waktu:
  • Cara Hafal Perkalian 1-100 dalam 5 Menit
  • Cara Menghilangkan Jerawat dalam 1 Minggu
Nah, itu dulu tentang Kumpulan Kata Jitu untuk Menarik Perhatian Pengunjung Blog. Semoga bermanfaat.

Sumber https://www.websitependidikan.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages