Belajar dengan Ahlinya, Ada Lovelace : Programmer Wanita Pertama Pengubah Dunia




Nama yang akan kita ingat jika berbicara mengenai programmer pastilah Steve Jobs, Sergey Brin, Bill Gates, Mark Zuckerberg, dan Larry Page. Nama-nama tersebut sudah tak asing lagi di telinga kita. Mengapa? Karena mereka merupakan salah satu programmer berpengaruh dan diakui di dunia.

Tidak bisa ditepis bahwa kebanyakan yang berprestasi dan berkiprah di dunia terknologi dan informasi adalah pria. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan wanita untuk terjun ke dunia teknologi. Bahkan saat ini sudah muncul jejeran wanita yang berhasil masuk dalam dunia teknologi dan informasi seperti (COO Facebook) Sheryl Sanberg yang merupakan sosok wanita dibalik kesuksesan Facebook, (CEO Youtube) Susan Wojcicki yang turut andil dalam pembelian youtube pada google, serta (CEO Yahoo) Marissa Mayer yang pernah bekerja di Google dan turut andil dalam kesuksesan Google. 

Sadarkah kalian, Ada Lovelace lebih dulu memasuki dunia Teknologi dan Informasi  sebelum jejeran wanita diatas. Sayangnya, prestasi Ada Lovelace sebagai progammer wanita pertama pengubah dunia ini jarang dipublikasi. Karena itulah nama ini terdengar asing bagi kita orang awam. 

Progammer Wanita Pertama Pengubah Dunia



Memang namanya tidak setenar Mark Zuckerberg dan Sheryl Sanberg. Namun, jasanya tak kalah berpengaruh dibandingkan jejeran nama di atas. Meski namanya tenggelam bagai di telan bumi, Ada Lovelace memiliki peranan penting pada bidang teknologi dan informasi lho..

Ada Lovelace : Perjalanan Karier yang Penuh Kerja Keras



Wanita kelahiran London, Inggris ini merupakan penulis sekaligus matematikawan yang terkenal atas karyanya yang berupa komputer mekanika pertama. Penemuannya tersebut juga termasuk penggunaan algoritme pertama yang dimaksudkan untuk di proses oleh mesin, Atas karyanya ini, ia dianggap sebagai progammer komputer pertama di dunia. 

Sejak kecil, Ada Lovelace memang dilatih ibunya untuk lebih sering menggunakan otak kirinya. Hal itu didukung dengan kegemarannya pada bidang matematika. 



Saat berusia 16 tahun, Ada sering sakit-sakitan bahkan pernah lumpuh selama hampir setahun dan harus menggunakan kruk. Ada Lovelace tidak banyak mendapatkan kasih sayang dari ibunya, untungnya ada sang nenek yang sangat menyayangi wanita yang lahir pada 10 Desember 1815 ini bahkan sampai menganggapnya seperti anak sendiri.

Kemampuannya mulai terlihat saat ia berusia 17 tahun. Sampai-sampai gurunya, Augustus De Morgan meminta agar Ada Lovelace lebih diarahkan pada bidang tersebut karena ia melihat bakat istimewa yang dimiliki anak dari George Gordon Byron tersebut.

Asal Mula Julukan Progammer Komputer Wanita Pertama Pengubah Dunia




Singkat cerita, Ada Lovelace bertemu Charles Babbage dan memiliki ketertarikan terhadap penelitian yang dilakukan olehnya . Sebaliknya, Charles Babbage juga kagum terhadap bakat menulis dan intelektual yang dimiliki Ada. Sehingga terjadilah kerjasama diantara keduanya. Charles Babbage yang biasa dikenal sebagai "Bapak Komputer"  saat itu merupakan ahlinya matematikawan inggris, penemu serta guru yang mengajari Ada matematika.

Ada kemudian membantu Babbage menulis program komputer pertama di dunia yang diciptakan lewat mesin ciptaan Babbage. Peran besar yang dilakukan Ada Loveline adalah menerjemahkan artikel seorang matematikawan Italia, Luigi Menabrea. Selain itu, Ada juga menulis berbagai penjelasan awal mengenai komputer dan perangkat lunak. 





Bahkan ia juga menambahkan catatan mengenai metode kalkulasi nomor Bernoulli pada mesin yang dikembangkan Babbage tersebut. Oleh sebab itulah Ada Lovelace dikenal sebagai progammmer komputer pertama di dunia. 


Well, kisah inspiratif dari Ada Lovelace sudah cukupkah menginspirasi kalian? Meskipun Ada Lovelace memiliki bakat istimewa seperti yang diceritakan diatas, tak lantas membuat ia malas dan berhenti berjuang kan.. Ia sangat berjuang keras sekalipun ia pernah jatuh bangun sakit. Kita harus meneladani juga mencontoh sikap Ada Lovelace. 



Kita harus tetap bekerja keras untuk mendapatkan apa yang kita cita-citakan. Menjadi LEBIH tak lantas membuat kita malas maupun besar kepala. Justru hal itulah yang menjadi bahan bakar untuk lebih dan lebih berjuang lebih keras lagi. 


Kini giliran kita generasi muda, generasi yang BERPOTENSI membuat dunia ini lebih baik seperti halnya yang Ada Lovelace lakukan. Kita ga harus pinter matematika untuk ahli dalam ilmu programming. Yang kita butuhkan adalah KEMAUAN dan KERJA KERAS.


Dengan menekuni bidang masing-masing, kita juga bisa ikut turut mengubah DUNIA menjadi lebih baik.



Apakah kalian juga ingin berprestasi di bidang programming seperti yang Ada Lovelace ? Tenang saja, jika Ada Lovelace punya Charles Babbage sebagai guru yang ahlinya Programming, anda juga bisa punya ahlinya programming di jaman sekarang ini. Sekarang ada tempat kursus web programming yang bisa mendampingi anda sama halnya Charles Babbage yang selalu mengajari dan mendampingi Ada Lovelace . 

Dumet School merupakan tempat bagi anda yang ingin belajar programming. Banyak keuntungan yang dapat anda ambil jika kursus di Dumet School.


Berikut ini beberapa keunggulan Dumet School 


Berikut ini testimoni salah satu alumni Kursus Dumet School


Sebagai tambahan, Dumet School tidak hanya menyediakan kursus web programming tetapi banyak hal lain lagi seperti Desain Grafis, Digital Marketing, Web Master, dan masih banyak lagi.

Jika anda merasa tertarik dan ingin mengenal lebih jauh mengenai Dumet School. Berikut ini link Official Web Dumet School yang dapat menjawab semua pertanyaan yang ada di benak anda. 


DUMET SCHOOL


Terimakasih sudah mengunjungi blog kami, sampai jumpa di artikel selanjutnya















referensi : 1 . 2
gambar : picsart, google

Comments